Breaking News

Kebakaran Pada Mobil, Bisa Jadi Karna Salah Pasang Tutup Oli


Kebakaran mobil ketika berjalan atau ketika parkir, barangkali saja terjadi. Banyak hal yang dapat mengakibatkan mobil terlahap si jago merah, dan paling tidak sedikit karena hal kecerobohan pemilik.

Dijelaskan Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), penyebab kebakaran dapat saja sebab sampah plastik, ranting kayu, atau sesuatu yang terbelakang di ruang mesin.

"Misalkan, tidak sedikit pemilik yang mencuci ruang mesin memakai lap sintetis. Lalu, lap terbelakang dan mobil diangkut jalan. Ketika mesin panas, lap kering dan kesudahannya terbakar," jelas Anjar 

Di samping itu, tutup oli juga dapat menyebabkan kebakaran. Misalkan, andai pemilik mobil ganti oli di rumah, dan tidak diangkut ke bengkel mesti dijamin penutup oli terpasang dengan benar.

"Ketika suhu mesin panas, oli tentu keluar. Jika menjangkau titik api laksana knalpot, oli juga dapat menjadi pemicu kebakaran. Pasalnya, oli adalahmaterial yang gampang terbakar," tambahnya.

Di samping itu, kebocoran tangki bahan bakar pun menjadi penyebab utama. "Kalau urusan tersebut, tidak butuh dipertanyakan. Penyebab kebakaran dapat juga terjadi dari keboncoran tangki bahan bakar," pungkasnya.

Tidak ada komentar