Breaking News

Mengulas Tentang Berbagai Macam Tinta Printer Sesuai Fungsinya


Printer memang tidak bisa lepas dari tinta karena merupakan bahan utama untuk kegiatan mencetak berbagai dokumen seperti gambar, foto, tulisan dan lain sebagainya. Cairan ini tersedia dalam beragam jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Cairan yang digunakan untuk mencetak foto berbeda dengan cairan yang digunakan untuk mencetak tulisan. Oleh karenanya dalam pemilihan jenis cairan ini harus diperhatikan dengan baik. Begitu pula dengan merk printer yang digunakan menggunakan jenis cairan pencetak yang berbeda pula karena tingkat ketebalan warna masing-masing printer berbeda.


Berikut adalah jenis-jenis tinta yang perlu Anda ketahui sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda:

  1. Dye Base. Jenis cairan ini biasa digunakan pada printer inkjet. Jenis ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar air dan dicampur dengan pewarna yang mampu menyatu dengan baik. Bila kedua bahan tersebut bisa menyatu dengan baik, maka akan mengecilkan resiko mengendap atau menyumbat saluran. Hampir semua macam kertas bisa menggunakan jenis cairan ini. Hanya saja kualitas cetakannya kurang baik karena luntur bila terkena air atau cahaya. Keunggulan cairan ini adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis tinta lainnya.
  2. Durabrite. Jenis cairan ini memiliki kualitas cetakan yang lebih pekat dan tajam serta tahan air daripada dye base. Bahan pembuat cairan jenis ini diantaranya adalah air, diluents dan colorant pigment. Jenis cairan ini banyak dimanfaatkan untuk mencetak foto dan cocok digunakan pada berbagai macam kertas.
  3. Sublimation Ink. Jenis cairan ini lebih baik dibandingkan dengan dye base dan durabrite karena tingkat ketajaman hasil cetakannya dan ketahanannya terhadap air lebih tinggi. Ketahanannya yang lebih tinggi tersebut dikarenakan bahan pembuatan cairan ini menggunakan bahan minyak, pewarna, diluent serta warna lainnya. Pemakaian printer dengan menggunakan jenis cairan ini harus lebih sering agar tidak menyumbat printhead. Selain penggunaan yang teratur juga perawatannya harus lebih sering dibandingkan bila menggunakan jenis printer yang menggunakan cairan lainnya.
  4. Pigment Art Paper Ink. Jenis cairan ini dibuat untuk menghasilkan lapisan warna yang tidak meresap sepenuhnya pada kertas tetapi tahan air dan cahaya. Oleh karenanya jenis cairan ini cocok digunakan untuk mencetak gambar diatas jenis art paper ivory. Bahan utama pembuatan jenis cairan ini adalah bubuk warna yang tidak larut dalam air sehingga ia bisa menempel diatas kertas cetakan.
  5. Solvent. Jenis cairan ini memiliki ketahanan terhadap air dan cahaya yang paling baik sehingga banyak dimanfaatkan untuk outdoor printing. Bahan utama pembuatan jenis cairan ini adalah cat duco dicampur dengan bahan lainnya yang menimbulkan bau menyengat.
  6. Eco Solvent. Jenis cairan ini hampir sama dengan solvent. Hanya saja ketahanannya terhadap cahaya UV kurang baik sehingga dimanfaatkan untuk indoor printing. Baunya pun tidak menyengat sebagaimana jenis solvent.


Berbagai macam tinta tersebut dapat Anda beli di berbagai toko biasa ataupun toko online. Dimanapun Anda membeli jenis cairan tersebut, hal utama yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan. Bila Anda membutuhkan jenis cairan untuk mencetak foto Anda bisa memilih dye base atau durabrite. Bila Anda membutuhkan untuk mencetak spanduk atau banner, maka cairan yang paling cocok adalah solvent atau eco solvent. Jadi pemilihannya harus benar-benar mempertimbangkan kebutuhan dan jenis printer yang digunakan. Selain menghasilkan kualitas cetakan yang baik, juga akan membuat alat pencetak lebih awet dan terawat.


Tidak ada komentar