Breaking News

Es Buto Ijo, Minuman Unik Khas Jawa Timur


JAWA Timur rasanya memang tepat jika dijadikan sebagai tujuan destinasi wisata kuliner. Tidak hanya menawarkan berbagai hidangan makanan khas, mulai dari nasi pecel, soto Lamongan, hingga rawon.
Jawa Timur juga menawarkan berbagai jenis minuman khas, baik dingin ataupun hangat. Penasaran kan apa saja minuman khas Jawa Timur? 

Wedang angsle

Ke Jawa Timur katanya tidak akan lengkap jika tidak mencicipi minuman satu ini. Minuman hangat ini terdiri dari banyak isi, mulai dari roti tawar, ketan kukus, lalu kacang hijau, dan putu mayang (petulo). Kemudian lalu disiram dengan kuah santan dan air jahe. Menghangatkan sekaligus cukup mengenyangkan bukan?

Wedang jaselang

Nah yang satu ini, dikenal sebagai salah satu minuman khas kota Malang. Untuk membuat wedang jaselang ini, bahan-bahan yang digunakan adalah jahe, kayu manis, merica, kapulga, secang, dan adanya alang-alang yang membuat minuman ini menjadi berbeda. Minuman wedang jeslang ini disebutkan mempunyai khasiat menjaga stamina, mampu menghangatkan badan, dan sebagainya.

Wedang cemue 

Wedang cemue adalah salah satu minuman khas tradisional dari Ngawi. Minuman ini disebutkan sebagai minuman yang unik. Sebab, rasa yang dihadirkan adalah rasa yang gurih, manis, pedas. Gurih dari santan, manis dari gula tebu, dan pedas dari jahe. Selain itu ditambah dengan legitnya roti tawar sebagai isian dan renyahnya taburan kacang, yang menambah unik di minuman ini juga terdapat taburan bawang goreng loh! Kemudian dilengkapi dengan aroma wangi daun pandan. Unik kan?

Es buto ijo

Jika Malang punya wedang jaselang, dan Ngawi punya wedang cemue. Nah daerah Sragen punya es buto ijo sebagai andalan. Es buto ijo ini terbuat dari agar-agar, puding susu, pacar cina, melon, dan rumput laut. Akan tetapi yang istimewa dari minuman dingin ini, adalah adanya sirup berwarna hijau yang biasanya didapatkan dari daerah Boyolali. Dengan adanya sirup ini, maka membuat seluruh tampilan es berwarna hijau cerah yang membuat akhirnya es ini disebut es buto ijo.

Es gudir 

Untuk minuman dingin, daerah Kediri punya yang namanya es gudir, yang berarti adalah es agar-agar. Yup, minuman es ini isinya agar-agar dengan sirup gula merah dengan pandan yang wangi.

Es sinom

Beda dengan minuman dingin lainnya, es satu ini diketahui adalah minuman jamu tradisional yang biasanya banyak dijual di toko obat. Eits jangan khawatir, soal rasa disebutkan es sinom tidaklah hadir dengan rasa pahit seperti jamu. Selain menyegarkan, minuman ini juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Mulai dari melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, dan juga pencegah kerontokan rambut.

Es pleret

Es ini kabarnya hanya bisa ditemukan di kota Blitar. Mengapa dinamakan pleret, konon kabarnya nama ini diambil dari nama seorang tokoh pemuka agama di Blitar, Kyai Pleret. Selain itu juga karena es ini isinya adalah bola-bola kecil berisi gula jawa bernama pleret yang dibuat dari tepung beras, dengan rasa gurih dan manis. Inilah yang menjadikan es satu ini, kuahnya akan terasa lebih manis ketimbang kuah santan es dawet seperti biasanya.

Tidak ada komentar